Developing of Technology (Pengembangan Teknologi)

Sejak manusia diciptakan di dunia, teknologi dengan sendirinya sudah muncul mendampingi manusia. Dengan dikarunia akal pikiran dan hati nurani inilah kemudian manusia berfikir untuk memanfaatkan alam sekitar dalam keberlangsungan hidupnya. Proses berfikir dalam memudahkan gerak, langkah dan kehidupan manusia dengan menghasilkan sesuatu atau alat inilah kemudian teknologi muncul. Karena sejatinya teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia,(Iskandar Ali Syahbana :1981).

Sesuai dengan kodratnya manusia adalah sebagai makhluk yang berkembang, alam dan seluruh isinya pun juga mengalami perkembangan. Tak terkecuali dengan teknologi, teknologi yang ada pun selalu mengalami pengembangan dari masa kemasa yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan zaman. Karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera inilah manusia selalu berupaya untuk mengembangkan teknologi yang ada. Dahulu misalnya orang ketika akan mengangkat barang bawaan yang banyak teknologi yang digunakan dengan menggunakan teknologi gerobak miring, sekarang untuk mengangkat barang bawaan yang banyak dengan sekali angkut tidak lagi menggunakan gerobak miring melainkan bisa menggunakan mobil truck, kapal atau pesawat.

Kemajuan dan pengembangan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan, karena kemajuan dan pengembangan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain teknologi juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.[1]

Teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Hal ini menandakan bahwa manusia tidak dapat terlepas dengan teknologi. Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Masalah yang sering muncul memungkinkan adanya untuk perubahan dan pengembangan teknologi.[2]

  1. A. Beberapa Teori Pengembangan Teknologi

Terjadinya pertumbuhan dan perkembangan kehidupan manusia dan alam juga berdampak pada perkembangan teknologi. Terkait dengan pengembangan teknologi terdapat beberapa teori yang mendukung adanya perubahan dan pengembangan teknologi.[3]

  1. a. Teori evolusi : teori ini berpendapat perubahan teknologi dapat terjadi secara lambat karena pencarian inovasi-inovasi teknologi secara local. Model ini memahami pasar sebagai sesuatu yangsecara social merupakan lingkungan terseleksiyang mengistimewakan bertahannya jenis teknologi tertentu (Walsh, 1993). Artinya perubahan atau pengembangan teknologi tergantung pada lingkungan sosialnya menerima atau tidak.
  2. b. Teori Jalur Ketergantungan (Path Dependence Theory)

Dalam pandangan ini, teknologi yang dipilih sekarang menjadi penghubung dan mempengaruhi dimensi masa depan teaknologi dan pengetahuan. Artinya teknologi yang ada tidak kaku, namun teknologi ini sangat fleksibel dan selalu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Perkembangan teknologi mengalami percepatan tearus-menerus pada decade 1980 an, perubahan yang ada mengarah pada tiga arah, yaitu : (1). Perbaikan aplikasi yang ada, misalnya teknologi yang lebih cepat dan lebih murah, dsb. (2). Ekspansi kedalam aplikasi baru, misalnya dari pabrik ke desain, ke logistic, distribusi, perencanaan dan rantai suplai, dan (3). Cusomising, yaitu teknologi tepat guna, teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. (J. Bessant, 1991 ; Bessant dan Rush, 1995 : 104).4

Pengembangan teknologi tidak hanya pada satu bidang, melainkan banyak bidang. Misalnya pada bidang peternakan, pertanian, perkebunan, pendidikan, kesehatan, hiburan, dan juga makanan. Dari sini dapat dikatakan bahwa semua bidang yang masih terdapat hubungan erat dalam kehidupan akan selalu berhubungan dengan teknologi, dan  teknologi yang digunakan selalu mengalami perkembangan mengikuti arah perkembangan ilmu pengetahuan dan zaman.

Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri (Oetomo dan Priyogutomo, 2004), beberapa bagian unsur ini mendapatkan sentuhan media teknologi informasi,sehingga mencetuskan lahirnya ide tentang e-learning (Utomo, 2001).

e-Learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika, khususnya perangkat komputer (Soekartawi, 2003). Karena itu e-learning sering disebut juga dengan on-line course. Dalam berbagai literature e-learning tidak dapat dilepaskan dari jaringan Internet, karena media ini yang dijadikan sarana untuk penyajian ide dan gagasan pembelajaran.  Namun model ini mempunyai kelemahan, Kelemahan yang dimiliki oleh sistem elearning ini yaitu hilangnya nuansa pendidikan yang terjadi antara pendidik dengan peserta didik,karena yang menjadi unsur utama dalam e-learning adalah pembelajaran.[4] dengan melihat kelemahan dan kekurangan tersebut, para ahli berusaha menjawab fenomena ini dengan mengembangkan sistem e-education. Pengembangan sistem e-education ini telah memberi inspirasi untuk mengembangkan e-media secara optimal guna percepatan pemerataan layanan pendidikan kepada masyarakat (Oetomo dan Priyogutomo, 2004).


[1] http://www.gunadarma.ac.id/2010/02/perkembangan-teknologi

[2] ibid

[3] Maskur Wiratmo, Berbagai Teori Mengenai Perkembangan Teknologi, ISSN : 0853 – 7665

JSB No. 8 Vol. 1 Th. 2003 63

[4] http://muhammadadri.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Teknologi dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s